Sunday 14 May 2023

Mainan Ini Bikin Anak Happy saat Mandi, Bantu Ia Belajar juga Bun

mainanmandibayi | Saat memandikan Si Kecil, Bunda bisa memberikannya beberapa mainan baru selain bebek karet. Ada beberapa jenis mainan yang bisa membuat anak merasa asyik menghabiskan waktu saat mandi sekaligus membuatnya belajar banyak hal baru.
Dr. Maria Montessori, dokter wanita Italia pertama, pada awal abad ke-20, menekankan pentingnya kegiatan mandiri dan langsung untuk belajar. Tidak hanya jenis mainan yang penting, tetapi bagaimana mereka diperkenalkan dan ditampilkan juga. Ini dapat membantu Bunda untuk membatasi jumlah mainan mandi anak karena lebih sedikit mainan akan mendorong permainan yang lebih dalam dan lebih kreatif bagi anak.

Saat mencari mainan yang dapat membantu perkembangan anak, ada tiga hal yang perlu Bunda ingat, yaitu pendidikan, keterlibatan, dan hiburan.




“Mainan edukatif bermanfaat bagi kemampuan motorik, sensorik, dan pemecahan masalah anak-anak,” kata Charlene DeLoach, editor kontributor di Toy Insider

Mainan yang cocok jadi teman mandi Si Kecil
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa rekomendasi mainan yang mungkin cocok untuk menemani Si Kecil main air. Namun, tidak hanya untuk bersenang-senang, mainan ini juga bisa membantu tumbuh kembang Si Kecil. Simak berikut ini:

1. Cangkir susun
Mungkin mainan yang satu ini tampak sederhana, tetapi ini adalah salah satu mainan mandi bayi serba guna yang dapat digunakan selama di bak mandi. Melansir dari laman Motherly, gelas dapat memungkinkan melatih keterampilan motorik anak, seperti menuangkan, menyendok, hingga mengukur.

Bunda juga bisa menambahkan beberapa item dari dapur seperti sendok plastik, atau corong, agar peluang eksplorasi Si Kecil terus berkembang.

2. Pipa, roda, dan tabung
Mainan penuh warna dan menarik ini memungkinkan Si Kecil menunjukkan kreativitas mereka di bak mandi, sambil belajar juga tentang sebab dan akibat atau memecahkan masalah.

Bagian-bagiannya dapat disatukan untuk membuat bentuk tak berujung agar air dapat melewatinya, memungkinkan Si Kecil menyelidiki sendiri mengapa air tidak dapat mengalir ke pipa atau mengapa potongan tidak dapat disatukan dengan cara tertentu.

3. Mainan plastik dengan bentuk hewan
Banyak mainan perlu dibuat dari plastik agar tidak rusak saat digunakan di air. Jika memilih mainan plastik, cobalah untuk memilih mainan yang cukup nyata, mungkin dapat membantu anak untuk berhubungan dan memproses dunia sekitar mereka. Misalnya mainan plastik yang berbentuk hewan.

4. Kincir air
Kincir air adalah tambahan mainan yang bagus untuk menemani Si Kecil mandi, mainan sederhana ini dapat membantu Si Kecil melatih keterampilan motorik halus, mempelajari sebab dan akibat, serta dapat digunakan bersama dengan mainan menyendok dan menuangkan lainnya.

5. Perahu susun plastik
Perahu berwarna cerah yang dapat ditumpuk ini membuat waktu mandi Si Kecil lebih menyenangkan lagi. Mereka dapat mengapungkannya di bak mandi atau menggunakannya untuk mengambil air dan membiarkannya mengalir keluar.

6. Cincin susun
Melansir dari laman Verrywell Family, dirancang untuk membantu mengembangkan keterampilan motorik halus, menggenggam, dan koordinasi tangan-mata, mainan susun yang satu ini menampilkan cincin dari semua tekstur dan berat yang berbeda.

7. Mainan bentuk angka dan huruf
Mainan yang berbentuk angka dan huruf dapat digunakan seorang anak untuk membuat sebuah kata dan cerita sebelum mereka bisa menggunakan pena dan kertas.

Mampu melihat dan merasakan bentuk setiap huruf, bukan hanya melihatnya di atas kertas, dapat memberikan kesempatan untuk hubungan yang lebih dalam dengan bentuk huruf.


No comments:

Post a Comment

Mainan Mandi Bayi Ku: Menyenangkan dan Edukatif

mainanmandibayi  -  Memandikan bayi merupakan salah satu momen yang menyenangkan bagi orangtua. Untuk membuat pengalaman ini lebih menyenang...